Halo, postingan kali ini saya pengen berbagi pengalaman yang baru pertama kali saya alami saat melakukan transaksi perbankan di indonesia. Dari hasil research saya di google juga banyak yang ngalamin permasalahan seperti saya ini dan untungnya sebagian besar yang saya baca masalah ini dapat diselesaikan dengan tidak merugikan nasabah yang bersangkutan. Saya sengaja memposting ini sebelum permasalahan ini selesai supaya bagi yang baca dan kebetulan mengalami permasalahan yang sama bisa melihat perkembangannya karena postingan ini akan terus saya update.
Jadi begini ceritanya...
Kemaren sore saya mau makai uang untuk membeli sesuatu. Setelah saya lihat dompet ternyata uang di dompet saya tidak cukup. Akhirnya saya putuskan untuk ambil dulu di atm terdekat. Saya pun ke atm BNI terdekat, kenapa ke BNI ? ya karena saya nasabah BNI hehehe.
Sampai di atm BNI saya pun coba memasukkan kartu atm saya eh ternyata gak bisa, hah kenapa nih kok aneh pikir saya waktu itu, saya coba liat ke dalam lubang kartunya takut ada yang ngalangin atau ada benda apa mungkin. Tapi ternyata normal-normal aja layar di atmnya pun menyala seperti biasa. Lalu saya melihat ada yang juga mau makai atm BNI di luar saya suruh aja orang itu coba kali aja kartu saya yang bermasalah, eh ternyata juga sama hahaha. Jadi jelas ini atmnya yang lagi bermasalah. Akhirnya saya pun cari atm BNI terdekat yang lain.
Akhirnya saya sampai di atm BNI di depan Borneo Gym dan Futsal Sungai Sipai Martapura. Saya coba masukkan kartu bisa seperti biasa, masukkan pin ok, selanjutnya saya coba tarik tunai saya tekan nominal yang akan saya ambil lalu saya tunggu sampai uang keluar seperti biasa. Setelah menunggu hmmm... ini kok lama ya, tapi tetap saya tunggu juga sampai uangnya keluar. Eh setelah menunggu lama bukan uangnya yang keluar malah kartu saya yang keluar bersamaan tulisan di layar memberitahukan bahwa "waktu anda telah habis bla bla bla" saya lupa yang jelas transaksi gagal. Saya coba lagi untuk yang kedua kalinya dengan nominal berbeda ternyata juga sama saja. Saya pun keluar saya coba ambil di atm bersama di seberang aja deh.
Baru mau ke sana saat mau nyebrang hp saya bunyi setelah saya cek ternyata itu sms dari sms banking BNI yang menginformasikan kalau ada dana keluar sebanyak 2 kali persis seperti nominal yang saya tarik barusan tapi gagal tadi. Saya pun mulai panik hah ada apa ini ? apa ini cuma kesalahan di sistem saya tunggu mungkin setelah ada dana keluar nanti ada dana masuk lagi. Soalnya dulu saya pernah ngalamin ngisi pulsa gagal terus sampai beberapa kali saya lupa eh tau-taunya dana saya malah keluar padahal pulsanya ga masuk karena transaksinya gagal. Tapi bedanya beberapa saat setelah ada pemberitahuan dana keluar saya kembali dapat pemberitahuan ada dana masuk jadi masalahnya selesai diselesaikan oleh sistem BNInya itu sendiri. Karena penasaran saya coba lagi aja masuk ke atmnya saya coba cek saldo dan ternyata juga tidak bisa, saya coba yang lain pun tetap sama berakhir dengan "waktu anda telah habis bla bla bla" jadi jelas kayanya ini atmnya yang lagi bermasalah.
Setelah itu saya coba catat nomor BNI call, niatnya saya nanti mau hubungi setelah saya pulang kerja. Habis itu saya pun langsung ke tempat kerja saya. Setelah jam pulang saat saya lewat atm yang tadi ternyata banyak orang yang juga bermasalah di atm itu beberapa ada yang langsung menelpon BNI call. Pikiran saya mulai sedikit tenang saat itu karena bukan saya aja yang bermasalah dengan atm itu ternyata. Tetapi saya tetap akan menghubungi BNI call sesampai di rumah buat memberitahu kalau tarik tunai saya gagal namun dana tetap keluar dan saldo berkurang.
Sesampai di rumah saya coba hubungi BNI call, setelah tekan ini tekan itu saya ga nemu pilihan buat mengadukan masalah yang saya alami akhirnya saya pilih aja langsung berbicara dengan dengan BNI call officer kalau ga salah tekan 3, kalau gak salah ya ini hehehe. Ternyata pilihan saya benar kayanya lalu saya ceritakan saja permasalah saya dengan BNI call officernya dan saya pun dibikinkan surat pengaduan sebanyak 2 karena transaksi saya yang gagal tadi ada 2, katanya pengaduan saya akan diproses sesegera mungkin dan saya disuruh menunggu selama 14 hari kerja.
Karena saya baru pertama kali mengalami ini kadang perasaan "ini uang saya bakal kembali ga ya" masih ada di pikiran saya. Tapi setidaknya saya sudah melakukan langkah-langkah yang benar apabila kita mengalami permasalahan kegagalan transaksi perbankan. Untuk BNI bagi saya BNI call ini sangat membantu saya karena saat itu jam sudah menunjukan pukul 3 siang kalau misalkan saya ke kantor bank BNI terdekat untuk lapor ke CS mungkin sudah gak sempat lagi sedangkan besoknya libur jadi BNI call sangat membantu saya dalam menyampaikan pengaduan saat itu. Kalau kalian ada mengalami masalah atau mungkin cuma ingin bertanya sesuatu ke BNI namun malas jalan ke kantornya BNI call bisa kalian jadikan solusi. Pulsa yang terpakai saat itu juga gak banyak-banyak amat untuk ukuran nelpon yang lumayan lama, saat itu saya habis sekitar 15 ribuan lah gak banyak kan hehehe.
Sekian dulu terima kasih bagi yang sudah membaca dan sesuai janji saya tulisan ini terus akan saya update di bawah nantinya karena sampai saat saya menuliskan artikel ini uang saya masih belum kembali masuk juga ke rekening saya. Semoga dalam beberapa hari ke depan ada kejelasan.
*UPDATE POST TANGGAL 13 MARET 2018
Setelah berkorban pulsa dengan selalu mengontak BNI call tentang perkembangan pengaduan saya akhirnya tanggal 13 maret 2018 uang saya dikembalikan oleh pihak BNI. Ternyata proses maksimal 14 hari kerja yang ditargetkan oleh BNI itu memang sesuai yang mereka katakan.
Masalah "tarik tunai gagal, saldo berkurang" ini menjadi sebuah pengalaman saya pertama yang terkait ketidaknyaman pelayanan dalam perbankan namun saya akhirnya dapat dibuat lega dengan penyelesaian dari pihak BNI yang tepat waktu dan tidak berbelit-belit.
Dengan demikian berakhir postingan ini saya akhiri sampai di sini. Terima kasih BNI dan terima kasih juga yang sudah membaca.
LIVE FOREVER
Setelah itu saya coba catat nomor BNI call, niatnya saya nanti mau hubungi setelah saya pulang kerja. Habis itu saya pun langsung ke tempat kerja saya. Setelah jam pulang saat saya lewat atm yang tadi ternyata banyak orang yang juga bermasalah di atm itu beberapa ada yang langsung menelpon BNI call. Pikiran saya mulai sedikit tenang saat itu karena bukan saya aja yang bermasalah dengan atm itu ternyata. Tetapi saya tetap akan menghubungi BNI call sesampai di rumah buat memberitahu kalau tarik tunai saya gagal namun dana tetap keluar dan saldo berkurang.
Sesampai di rumah saya coba hubungi BNI call, setelah tekan ini tekan itu saya ga nemu pilihan buat mengadukan masalah yang saya alami akhirnya saya pilih aja langsung berbicara dengan dengan BNI call officer kalau ga salah tekan 3, kalau gak salah ya ini hehehe. Ternyata pilihan saya benar kayanya lalu saya ceritakan saja permasalah saya dengan BNI call officernya dan saya pun dibikinkan surat pengaduan sebanyak 2 karena transaksi saya yang gagal tadi ada 2, katanya pengaduan saya akan diproses sesegera mungkin dan saya disuruh menunggu selama 14 hari kerja.
Karena saya baru pertama kali mengalami ini kadang perasaan "ini uang saya bakal kembali ga ya" masih ada di pikiran saya. Tapi setidaknya saya sudah melakukan langkah-langkah yang benar apabila kita mengalami permasalahan kegagalan transaksi perbankan. Untuk BNI bagi saya BNI call ini sangat membantu saya karena saat itu jam sudah menunjukan pukul 3 siang kalau misalkan saya ke kantor bank BNI terdekat untuk lapor ke CS mungkin sudah gak sempat lagi sedangkan besoknya libur jadi BNI call sangat membantu saya dalam menyampaikan pengaduan saat itu. Kalau kalian ada mengalami masalah atau mungkin cuma ingin bertanya sesuatu ke BNI namun malas jalan ke kantornya BNI call bisa kalian jadikan solusi. Pulsa yang terpakai saat itu juga gak banyak-banyak amat untuk ukuran nelpon yang lumayan lama, saat itu saya habis sekitar 15 ribuan lah gak banyak kan hehehe.
Sekian dulu terima kasih bagi yang sudah membaca dan sesuai janji saya tulisan ini terus akan saya update di bawah nantinya karena sampai saat saya menuliskan artikel ini uang saya masih belum kembali masuk juga ke rekening saya. Semoga dalam beberapa hari ke depan ada kejelasan.
*UPDATE POST TANGGAL 13 MARET 2018
Setelah berkorban pulsa dengan selalu mengontak BNI call tentang perkembangan pengaduan saya akhirnya tanggal 13 maret 2018 uang saya dikembalikan oleh pihak BNI. Ternyata proses maksimal 14 hari kerja yang ditargetkan oleh BNI itu memang sesuai yang mereka katakan.
Masalah "tarik tunai gagal, saldo berkurang" ini menjadi sebuah pengalaman saya pertama yang terkait ketidaknyaman pelayanan dalam perbankan namun saya akhirnya dapat dibuat lega dengan penyelesaian dari pihak BNI yang tepat waktu dan tidak berbelit-belit.
Dengan demikian berakhir postingan ini saya akhiri sampai di sini. Terima kasih BNI dan terima kasih juga yang sudah membaca.
LIVE FOREVER
0 komentar :
Post a Comment
Ada yang ditanyakan tulis saja di kolom komentar, saya akan jawab sebisanya.
Pakai aja open id atau anonymous kalau ga punya akun google.
Berikanlah komentar yang berguna bagi blog ini. Komentar anda sangat saya harapkan untuk menunjang kemajuan blog ini. terima kasih.